Jumat, 14 Februari 2014

KOKOLOGI PART 8


Bayangkan diri anda sedang berjalan menyusuri kota. hari itu sangat cerah. Anda berbelok kearah jalan yang tidak pernah dilewati sebelumnya. Selagi berjalan, anda melewati sebuah rumah yang inda di seberang jalan. Anda berhenti sejenak untuk mengagumi rumah yang indah itu dan memperhatikan pintunya terbuka setengah.

Menurut anda, mengapa pintu itu sedikit terbuka?
a.       Rumah itu dirampok
b.      Pemiliknya lupa mengunci
c.       Pemiliknya berada didalam rumah


Sebuah pot tanaman yang ada di balkon jatuh. Anda segera keluar untuk melihat kerusakannya. Didalam benak anda, apa yang anda lihat?
a.       Pot dan tanaman tetap utuh
b.      Pot rusak, tapi tanaman tidak rusak
c.       Pot dan tanaman rusak tanpa bisa di perbaiki lagi
d.      Karena alasan tertentu, pot dan tanaman tidak terlihat


Bayangkan, anda sedang tersesat di hutan yang gelap dan mulai merasa lapar. Tiba-tiba anda  bertemu dengan rumah yang terbuat dari permen. Setelah memeriksa daerah itu dan memastikan tidak ada nenek sihir yang konon pemilik rumah permen itu, anda mulai siap memakannya.

Pertanyaan saya, bagaimana anda menyantap rumah permen itu?
a.       Mulai memakan apa saja yang anda lihat
b.      Berusaha mencoba sebanyak mungkin permen yang anda jumpai
c.       Hanya memakan permen kesukaan anda
d.      Anda tidak suka permen, jadi anda tidak memakannya


Bayangkan  anda melihat langit biru yang cerah tanpa awan. Hanya memikirkannya saja akan memberikan sedikit semangat. Sekarang alihkan mata pikiran anda untuk melihat pemandangan.
Mana pemandangan yang paling menenangkan dan membuat anda rileks?
a.       Dataran bersalju
b.      Lautan biru
c.       Gunung yang hijau
d.      Padang bunga yang berwarna kuning



Bayangkan, anda sedang berada di luar rumah saat musim panas di masa kecil.  Anda dengan bahagia meniup gelembung sabun di tengah lapangan.
Adegan terbaik mana yang anda bayangkan?
a.       Ketika gelembung yang anda tiup melayang ke angkasa
b.      Meniup gelembung yang banyak
c.       Anda berkonsentrasi meniup satu gelembung besar
d.      Gelembung anda tertiup angin sepoi-sepoi


Anda berdiri di depan sebuah lukisan dalam museum seni,  ketika anda sedang menikmati sebuah lukisan ada orang asing yng mendekat dan mengatakan sesuatu...
Kalimat apa yang dia ucapkan olehnya?
a.       Bukankah itu lukisan yang indah?
b.      Apa pendapat anda tentang lukisan ini?
c.       Maaf apa anda punya waktu?
d.      Tahukah anda, saya pelukisnya


Suatu hari anda tersesat ketika sedang melakukan travelling. Hari sudah malam, dan tidak ada pilihan lain anda harus mencari tempat untuk berteduh di sebuah pondok. Pemilik pondok mengatakan ahwa semua kamarnya ada hantunya. 
Kamar mana yang anda pilih?
a.       Ada kepala manusia yang memandang penuh kedengkian dari luar jendela kamar
b.      Pintu kamar mandi yang membuka dan menutup sendiri, dn terdengar suara rintihan suara2 wanita
c.       Tempat tidur nya bergerak sendiri tiap kali anda mencoba tidur di atasnya.
d.      Hantu tanpa kepala yang duduk di bagian kaki tempat tidur anda ketika anda terbangun tengah malam


Bayangkan, anda sedang berada diangkasa, melayang turun dengan sebuah parasut. Pemandangan apa yang kira-kira anda lihat di bawah sana?
a.       Padang rumput dan bunga
b.      Pemandangan yang barbatu-batu
c.       Binatang liar dengan mulut menganga
d.      Sungai yang mengalir



Jawaban pertama
Dalam alam bawah sadar, alasan mengapa membayangkan pintu terbuka berhubungan dengan cara anda membuka diri. Dan menyingkap kelemahan anda pada orang lain.
1.      Rumah itu dirampok à anda mudah berburuk sangka disetiap situasi. Sifat ini sebagai bukti yang jelas ketika ternyata benar-benar terjadi sesuatu. Anda tidak pernah bingung dalam menghadapi saat-saat genting, tetapi hanya terlalu sibuk karena panik. Jadi lain kali jika bencana datang, miliki pikiran yang jernih.
2.      Pemiliknya lupa mengunci à anda tie orang yang terhanyut dalam situasi genting. Sebaliknya, anda sangat santai bahkan sampai tidak memperhatikan saat situasi genting muncul. Kesalahan yang anda buat lebih banyak disebabkan karena kelalaian, bukannya maksud yang buruk. Tapi hasil akhirnya bagi anda (dan orang lain) adalah sama.
3.      Anda mungkin namak seperti orang santai. Tapi tidak pernah membiarkan diri lengah. Memiliki kesiagaan konstan seperti itulh yang membuat diri anda menjadi dewasa seperti sekarang. tentu saja anda masih memiliki kelemahan yang bersifat manusiawi, hanya saja jangan memperlihatkannya ke seluruh dunia.

Jawaban kedua
Kehidupan pot bunga yang terjaga berhubungan dengan sisi karakter yang tersembunyi anda terjaga. Selain itu juga berhubungan dengan cara anda menahan dunia memasuki kehidupan sosial anda.
1.      Pot dan tanaman tetap utuh à anda terlihat kuat dan percaya diri serta selalu ingin mendemonstrasikan ketenangan ditengah masalah. Dibalik wajah yang keras, anda adalah seseorang yang lebih peduli menjaga citra.
2.      Pot rusak, tapi tanaman tidak rusak àanda nampak tenang dan tidak dapat diganggu orang lain. Kenyataannya anda tidak suka menunjukkan emosi. Perasaan yang tertutup semakin besar. Tidak ada pot yang dapat menampung mereka selamanya.
3.      Pot dan tanaman rusak tanpa bisa di perbaiki lagi à anda nampak pandai berbicara dan tidak mau menonjolkan diri. Tapi “pendengar alamiah” itu sedang berteriak meminta kesempatan bersinar dipanggung utama. Anda hanya menunggu kesempatan untuk keluar dari tempat yang mengurung anda.
4.      Karena alasan tertentu, pot dan tanaman tidak terlihat à anda pintar menciptakan kesenangan dan membuat orang lain tertawa. Anda fasih menyembunyikan keseriusan, bahkan sisi pemalu anda tidak ditunjukkan kepada dunia.

Jawaban ketiga
1.      Mulai memakan apa saja yang anda lihat à anda berterusterang dalam urusan dunia. Nyaris seperti anak polos. Pendekatan langsung ini membuat anda mudah dimengerti dan diterima orang lain. Sadari bahwa tidak semua orang memiliki sifat polos dan jujur seperti anda. Kadang kejujuran membuat anda sedikit terlalu dapat dipercaya. Anda dikenal sebagai orang yang terburu-buru.
2.      Berusaha mencoba sebanyak mungkin permen yang anda jumpai à dunia penuh dengan manusia, dan anda tidak keberatan bertemu dengan mereka semua. Anda ahli menemukan kualitas yang baik dalam diri orang lain. Tapi keinginan anda mencicipi sedikit juga dapat diniai sebagai ketidaksediaan terlibat terlalu dalam dengan satu orang.
3.      Hanya memakan permen kesukaan anda à jika dapat menemukan satu orang saja didunia yang punya minat, selera, aspirasi seperti anda, itu sudah cukup. Menemukan seseorang yang melihat dunia sama seperti anda adalah suatu hal yang indah. Tapi membatasi diri dengan satu rasa dalam hubungan, anda mungkin sedang menjauhkan diri dari pengalaman indah diseluruh dunia.
4.      Anda tidak suka permen, jadi anda tidak memakannya àada mempunyai pandanga bahwa mundur dari kerumunan orang banyak adalah sangat baik untuk diri sendiri. Dalam berusaha memisahkan diri, anda kadang terlihat sebagai seseorang yang terlalu keras untuk terlihat berbeda.

Jawaban keempat
1.      Dataran bersalju à anda diberkati sensitivitas yang khusus yang membuat anda mampu memahami situasi dari pandangan sekilas dan menguraikan masalah rumit tanpa bukti dan penjelasan. Anda memiliki kemampuan untuk membuat keputusan bahkan menjadi visioner. Intuisi pertama akan selalu menuntun anda dengan baik.
2.      Lautan biru à anda memiliki bakat alami untuk hubungan antar pribadi. Orang-orang mengormati kemamuan anda berkomunikasi dengan orang lain dan cara anda membantu kelompok bersama. Anda membantu orang lain bekerja lebih lancar dan efisien, hal itu membuat anda berharga dalam tiap proyek tim. Ketika anda memotivasi seseorang, mereka tahu anda mengatakan yang sebenarnya. Jadi kata-kata itu ssangat berarti bagi mereka yang mendengarkannya.
3.      Gunung yang hijau à bakat anda adalah komunikasi yang ekspresif. Selalu menemukan kata-kata untuk mengekspresikan apa yang anda rasakan dan orang-orang merasa juga demikian. Bagi anda, membagi kebahagiaan akan membuat kebahagiaaan berlipat ganda, sementara berbagi duka akan membuat anda merasa terpisah. Anda nampak selalu dapat menolong orang lain menemukan sisi yang benar dalam berkomunikasi.
4.      Padang bunga yang berwarna kuning à anda adalah sumber pengetahuan dan kreativitas, penuh gagasan dan potensi tak terbatas. Tetaplah menyesuaikan diri terhadap perasaan orang lain dan jangan pernah berhenti membangun mimpi. Tidak ada apapun yang tidak bisa anda capai

Jawaban kelima
Kilauan gelembung yang kamu tiup dalam imajinasi adalah lambang harapan dan impian. Pemandangan yang digambarkan menyikapi bagaimana anda berfikir tentang impian yang diharapkan menjadi kenyataan.
1.      Ketika gelembung yang anda tiup melayang keangkasa à  anda melihat impian sebagai hal yang sukar untuk dipahami dan tidak dapat dicapai, terbang menjauh seperti gelembung sabun ditiup angin. Mungkin anda berharap terlalu banyak, hingga terlalu cepat terperangkap dalam impian yang mustahil.
2.      Meniup gelembung yang banyak à anda telah menetapkan pandangan pada hal yang mudah di capai – baju baru, gadget baru, atau pacar. Impian anda selalu berada dalam jangkauan.
3.      Anda berkonsentrasi meniup satu gelembung besar à anda memiliki satu ambisi untuk menguasai seluruh hidup anda.
4.      Gelembung anda tertiup angin sepoi-sepoi à harapan yang tidak tercapai di masa lalu membentuk cara berpikir anda sekarang ini.

Jawaban keenam
1.      Bukankah itu lukisan yang indah? à sikap alamiah yang bersahabat menciptakan kesan pertama yang baik dalam setiap orang yang anda temui. Satu-satunya ke khawatiran hanya apabila orang tidak menanggapi anda dengan serius awalnya.
2.      Apa pendapat anda tentang lukisan ini? à anda orang yang suka mengira-ngira tempramen orang lain sebelum melakukan sesuatu. Orang mampu merasakan keragu-raguan itu. Kamu tidak akan menyinggung orang lain dengan pendekatan yang hati-hati. Tapi kamu mungkin akhirnya akan hidup dengan kondisi yang ditentukan oleh orang lain.
3.      Maaf apa anda punya waktu? à setengah dunia anda nampaknya seperti orang normal. Tapi setengahnya nampak sedikit aneh. Anda menciptakan kesan pertama bahw anda hidup dalam langkah diri sendiri dan mempertahankan individualisme yang dianggap orang sebagai eksentrik (aneh). Anda tidak begitu memperhatikan apa yang mungkin orang lain pikirkan atau rasakan. Suka atau tidak, disanalah terlihat rahasia bagimu.
4.      Tahukah anda, saya pelukisnya à di awal pertemuan dengan seseorang, anda agak sedikit gugup dan terlalu tidak sabar. Mungkin anda hanya berusaha terlalu keras untuk disukai. Tapi semakin mencobanya, semakin buruk kesan yang anda buat. Jangan terlalu khawatir untuk membuat orang-orang berpikir kamu hebat, mereka akan lebih menyukai jika kamu tidak tegang dan santai.

Jawaban ketujuh
Tipe pekerjaan anda
a.       Anda membutuhkan banyak privasi dan cocok bekerja sendirian. Anda menginginkan pekerjaan yang stabil – sebuah pekerjaan yang tidak mudah terpengaruh oleh faktor eksternal dan memberikan gaji yang pasti
Contoh: dokter, pengacara, guru, administrator
b.      Anda lebih menginginkan pekerjaan yang tidak perlu berpergian dan bertemu dengan orang. Anda lebih memilih bekerja dlam tekanan bos anda. Jika itu memungkinkan anda untuk duduk di dalam kantor ber AC sepanjang hari.
Contoh: pegawai negri, engineer, computer engineer, akuntan
c.       Anda orang yang aktif. Tidak bisa duduk diam dan tidak suka dibatasi. Anda mudah beradaptasi dengan pekerjaan yang berubah-ubah dan tidak bersifat rutinitas.
Contoh: marketing, asuransi, sales, sopir
d.      Anda cocok dengan pekerjaan yang memerlukan anda bertemu orang2 terutama kerumunan. Pekerjaan anda tergantung dari orang-orang ini meski anda tidak mengenal mereka.

Jawaban kedelapan
a.       Padang rumput dan bunga à anda orang yang selalu optimis. Namun jangan keasikan sehingga lupa dan terjatuh
b.      Pemandangan yang barbatu-batu à anda berfikir bahwa anda adalah orang yang optimis. Tapi ingat, meski tidak ada gangguan sebenarnya gangguan selalu siap menghadang. Anda harus mencari sesuatu yang positif.
c.       Binatang liar dengan mulut menganga à anda tidak keberatan dunia ini menyerang karena pemandangan sangat menyenangkan untuk dilihat. Anda memandang takdir dengan pandangan menghibur dan tidak pernah melewati kesempatan untuk tertawa.

d.      Sungai yang mengalir àanda tidak optimis tapi juga tidak pesimis. Anda siap menghadapi masalah yang muncul, anda sadar kalau tidak ada seorangpun yang bisa memutuskan apakah masadepan akan baik atau buruk, anda berusaha menjalani dan memasrahkannya pada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar